Tips Wisata dan Jalan-jalan untuk Liburan yang Murah dan Hemat

Rabu, 21 Januari 2015
Berlangganan

Daftar Kuliner Khas Banjarmasin


Jika ditanya kesan kami terhadap wisata kuliner di Banjarmasin, kami akan menjawab enak dan enak banget! Pernyataan ini bukan karena kami pemula dalam masalah icip-icip kuliner tapi memang pada itu nyata adanya.

Dari hari pertama kami mendarat hingga pulang tidak ada “gagal rasa” pada setiap wisata kuliner kami. Dimulai dari Lontong Orari, ketupat kandangan, aneka olahan ikan dan udang sungai serta cemilan wadai (kue).

Malah menurut kami, Banjarmasin punya potensi menjadi tujuan wisata kuliner! Supaya lebih meyakinkan kami akan membahas satu persatu pengalaman tidak terlupakan oleh lidah dan perut kami.

Daftar Kuliner Khas Banjarmasin


LONTONG ORARI
Lontong yang nama akhirnya diambil dari komunitas ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia)., berbentuk segitiga lebar dan pipih. Satu porsi full berisi dua lontong. Porsi ini benar-benar kelas berat.

Kami hanya mampu menghabiskan satu setengah lontong yang berukuran besar itu. Lontong diguyur opor nangka muda. Warna kuahnya tidak sekuning ketupat kandangan, karena bumbunya memang tidak memakai kunyit. Cara makannya mirip dengan ketupat kandangan, yaitu memakai tangan tidak memakai sendok. Buat yang tergiur mencoba, bisa menjajal Lontong Banjar yang ada di Rumah Makan Lontong Orari di Jalan Pahlawan (Simpang Kabel), Banjarmasin. Rumah makan ini buka dari pukul 19.00-07.00. Jadi jika tengah malam kita kelaparan, Lontong ORARI akan selalu siap menyuguhkan.

KETUPAT KANDANGAN
Menu ini ternyata diciptakan pertama kali oleh masyarakat Kabupaten Kadangan, Kalimantan Selatan. Ketupat kandangan disajikan hanya dengan guyuran kuah santan mirip opor, berwarna kekuningan, ditaburi bawang merah goreng. Cara makannya sangat khas. Sekalipun berkuah, ketupat ini justru harus disantap tanpa sendok, melainkan dengan tangan. Ketupatnya dibelah dua ketika disajikan, lalu dihancurkan dengan tangan.

Beras Banjarmasin memang tidak pulen seperti di Jawa. Ditanak sebagai nasi pun hasilnya seperti nasi pera yang tidak lengket satu sama lain. Sungguh, cara makan yang sangat unik. Ketupat Kandangan semakin nikmat bila disantap dengan tusuk atau sate perut ikan atau telur ikan.

SOTO BANJAR
Soto Banjar lebih akrab bagi selera nusantara, tetapi memang paling afdol merasakan soto Banjar di daerah asalnya. Soto Banjar disajikan dengan lontong, kuah soto bening tanpa santan, ditambah dengan perkedel kentang, irisan wortel, irisan telur, dan soun. Soal rasa, Soto Banjar memang leker, sangat nikmat! Aromanya yang kaya rempah, mampu membuat lidah tidak sabar untuk menikmatinya, apalagi bila ditambahi potogan paha ayam kampung.

Semakin komplit rasanya. Selain Soto Banjar, ada juga Sop Banjar. Sebetulnya antara Sop Banjar dan Soto Banjar nyaris tidak ada bedanya. Yang membedakan keduanya hanyalah cara penyajiannya. Kalau Soto Banjar disajikan dengan lontong, sementara sop banjar disajikan dengan nasih putih.

UDANG BAKAR
Kalimantan Selatan kaya akan hasil sungainya, mulai dari patin sampai udang. Itulah asyiknya bila berkunjung ke Banjarmasin. Anda bisa puas menikmati santapan beragam aneka ikan sungai. Rugi kalau sesampai di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan dan Tengah tidak mencoba udang sungainya! Udang sungai ukurannya besar dan sangat padat (tidak alot), puas sekali menikmati udang 1 porsi (antara 2-4). Udang diolah dengan berbagai cara, tetapi rekomendasi saya coba udang bakarnya!

PATIN BAKAR DAN PEPES PATIN
Jenis ikan satu ini memang mudah sekali ditemui di Kalimantan. Tidak heran bila menu ikan patin banyak ditemui di Banjarmasin. Masyarakat di sana paling sering mengolah patin dengan cara dipepes dan dibakar. Untuk patin bakar, dibumbui dengan bumbu kecap yang sampai meresap. Jadi begitu disantap rasa manisnya jelas terasa. Bila anda mencoba ikan patin bakar, anda akan mendapati bagian pinggir kulit patin yang bertekstur kenyal, tetapi tetap nikmat disantap.

Sementara pepes patin atau biasa disebut pesmol patin, dibumbui dengan rempah-rempah khas Kalimantan Selatan plus ditambahi kemangi dan tomat. Paduan yang pas, menciptakan kelezatan yang sempurna. Rekomendasi kami adalah sup patin di restoran Waroeng Bamboe! The best of the best!